RESUME PERTEMUAN-4

NOS (NETWORK OPERATING SYSTEM)



Sistem operasi adalah program perantara  dalam bentuk software yang bekerja pertamakali saat komputer dinyalakan dan berfungsi melakukan kontrol dan koordinasi penggunaan hardware komputer serta menjalankan berbagai program aplikasi sehingga dapat digunakan user secara nyaman dan efisien. Secara umum sistem operasi ada dua macam, yaitu UNIX dan non-UNIX. Keduanya dibedakan atas penggunaannya, UNIX digunakan untuk komputer besar seperti mainframe dan super komputer, sedangkan non-UNIX digunakan pada PC (komputer pribadi).
Jaringan komputer adalah komputer-komputer yang dihubungkan satu dengan yang lain untuk dapat saling berkomunikasi serta berbagi informasi dan perangkat komputer walaupun berlainan area dan jarak yang berjauhan. Pada dasarnya, jaringan komputer terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
A. Peer to Peer
Peer to peer adalah jenis jaringan komputer di mana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan akses dari/ke komputer lain.  Peer to peer banyak di implementasikan pada LAN. Walaupun dapat juga diimplementasikan pada MAN, WAN, atau Internet namun hal ini kurang lazim. Salah satu alasannya adalah menajemen dan security. Cukup sulit mengawasi security pada jaringan peer to peer manakala pengguna jaringan komputer sudah sangat banyak.
Jaringan peer to peer
Dari penjelasan di atas saya mencoba membuat table keuntungan dan kerugian penggunaan sistem operasi jaringan peer to peer
Keuntungan: Biaya murah karena tidak perlu server, Mudah dalam men-setup, cukup mensetup sistem operasi yang   ada misalnya menggunakan windows XP
Kerugian: Disentralisasi, karena tidak ada pusat repositori untuk file, Keamanan, karena tidak dapat memberikan keamanan pada sisi client dan pada sisi server
B. Client Server
Client Server adalah jaringan komputer yang salah satu (boleh lebih) komputernya dapat di fungsikan sebagai server untuk melayani komputer lain. Komputer yang di layani oleh server disebut client. Layanan di berikan bisa berupa akses web, email, file, atau yang lain. Client Server banyak dipakai oleh Internet dan Intranet.
Sistem operasi jaringan ini juga memungkinkan jaringan untuk mensentralisasi fungsi dan aplikasi pada satu atau lebih file dedicated server (lihat gambar. 2). File server menjadi jantung dari sistem, menyediakan akses ke sumber daya dan menyediakan keamanan. Individual workstation (client) memiliki akses ke sumbernya yang tersedia di file server.
Sistem operasi jaringan menyediakan mekanisme untuk mengintegrasikan semua komponen jaringan dan mengijinkan beberapa pengguna untuk secara bersamaan berbagi sumber yang sama terlepas dari lokasi fisik. Novell Netware dan Windows 2000 Server adalah contoh-contoh klien / server sistem operasi jaringan.
Jaringan Client Server
Keuntungan : Terpusat, sumber data terkontrol pada sisi server, Skalabilitas, salah satu atau semua elemen dapat di gantikan secara individual sesuai dengan kebutuhan, Fleksibelitas, dapat menambahkan dengan muda sebuah teknologi baru, Interoperabilitas, Aksesibilitas, server dapat di akses dari jauh dengan berbagai macam platform
Kerugian: Beban, membutuhan investasi awal untuk membuat sebuah server, Maintenance, membutuhkan seorang staf yang bertugas untuk mengelola server secara efesien, Ketergantugan, seandarinya server down atau hank maka akan menyebabkan sistem jaringan tersebut berhenti diseluruh jaringan
Secara khusus NOS memang untuk diinstal pada komputer server, tetapi bisa juga diinstal pada komputer client (misalnya : untuk kegiatan belajar/praktek mahasiswa Sistem Komputer Unand di labor komputer) dengan cara menggandeng dengan aplikasi tambahan yaitu pencipta mesin virtual, atau dapat juga diinstal langsung pada computer (dual booting) dengan cara mengalokasikan hardisk untuk software NOS ini. Jika komputer kita nyalakan, akan muncul pilihan OS single user atau NOS yang dapat kita pilih salah satunya berdasarkan kebutuhan.
Hal yang perlu diperhitungkan dan signifikan dalam pengimplementasian sebuah NOS atau instalasinya adalah perangkat keras komputer (hardware). NOS server sistem yang besar memerlukan memori tambahan untuk mendukung beberapa tugas yang semuanya aktif, atau penduduk, di memori pada waktu yang sama. Ruang disk tambahan juga dibutuhkan pada server untuk menyimpan file bersama dan berfungsi sebagai perpanjangan akses ke memori internal pada sistem. Karena NOS tergantung pada operasi terus menerus dari server nya, komponen hardware tambahan juga pasti membutuhkan biaya tambahan, dan tak mengejutkan lagi jika harga satu paket server NOS mencapai puluhan juta.
Diantara beberapa software NOS, yang paling banyak digunakan adalah Windows dan Linux. Jika Microsoft memproduksi dan memiliki hak untuk OS atau NOS Windows secara keseluruhan. Di sisi lain, Linux adalah software open source (originalnya dapat didownload secara gratis). Keuntungan server dengan Linux lainnya adalah apabila digunakan secara terus menerus tidak ada proses booting atau uptime.

Sumber:
http://blog.unand.ac.id/nanda/?page_id=1074 
http://www.kamusilmiah.com/it/mengenal-apa-itu-nos-network-operating-system/ 
http://islam-download.net/tips-tricks/networking-tips/network-operating-system.html

0 komentar:

Posting Komentar